Disney Minnie Mouse

Kamis, 30 Mei 2013

70. Dinamika Konflik Dalam Organisasi



          Organisasi merupakan kumpulan individu yang memiliki keinginan atau kepentingan pribadi maka dalam lingkup kegiatannya sering menemui hambatan berupa perbedaan-perbedaan pendapat atau pola pikir. Perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam suatu interaksi masyarakat atau dalam organisasi sering menimbulkan konflik. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya.
            Apabila sistem komunikasi dan informasi tidak menemui sasarannya timbullah salah paham atau orang tidak saling mengerti. Selanjutnya hal ini akan menjadi salahsatu penyebab timbulnya konflik atau pertentangan dalam organisasi. Konflik biasanya juga timbul sebagai hasil adanya masalah-masalah hubungan pribadi (ketidaksesuaian tujuan atau nilai-nilai pribadi karyawan dengan perilaku yang harus diperankan pada jabatannya, atau perbedaan persepsi) dan struktur organisasi (perebutan sumber daya-sumber daya yang terbatas, pertarungan antar departemen dan sebagainya).
            Suatu pemahaman akan konsep dan dinamika konflik telah menjadi bagian vital studi perilaku internasional. Konflik sering diartikan berbeda oleh orang yang berbeda pula dan dapat mencakup kerangka intensitas dari perbedaan pendapat ‘sepele’ sampai perang antar negara.
            Pada hakekatnya konflik merupakan suatu pertarungan menang kalah antar kelompok atau perorangan yang berbeda kepentingannya satu sama lain dalam organisasi. Atau dengan kata lain, konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antagonistik antara dua atau lebih pihak. Pertentangan kepentingan ini berbeda dalam intensitasnya tergantung pada sarana yang dipakai. Masing-masing ingin membela nilai-nilai yang telah mereka anggap benar, dan memaksa pihak lain untuk mengakui nilai-nilai tersebut baik secara halus maupun keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar