Selama
hampir tiga tahun terakhir ini saya benar-benar terjun dan berkecimpung di
dunia HR secara total. Karena kebetulan dalam jangka waktu tersebut saya
bekerja di dalam perusahaan (dan sebagai) konsultan HR. Di dunia HR ini, saya
sempat beberapa kali mengerjakan proses rekrutmen, training dan organizational
development secara detail. Selama itu pula, pertanyaan yang paling sering
muncul dari teman yang menanyakan tentang pekerjaan saya adalah,
“Organizational Development itu apa sih?”
Saya
berhasil mengumpulkan beberapa definisi yang menurut saya sangat tepat
menjelaskan apa yang dikerjakan oleh seorang praktisi HR.
Yang pertama
adalah definisi dari Richard Beckhard (Organization Development: Strategic and
Models, 1969), saya terjemahkan sebagai berikut:
“Organization
Development adalah usaha yang terencana, pada skala organisasi, dan diatur dari
(manajemen) atas, untuk meningkatkan kesehatan dan efektivitas organisasi
melalui intervensi yang terencana terhadap proses-proses organisasi, menggunakan
ilmu pengetahuan behavioral-science.”
Dua definisi
lainnya adalah sebagai berikut:
“OD adalah
bidang (ilmu) yang ditujukan pada intervensi-intervensi terhadap sistem-sistem
(yang dibuat oleh) manusia, seperti kelompok formal dan informal, komunitas,
serta masyarakat, untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatannya dengan
menggunakan berbagai macam disiplin yang berbeda, terutama menggunakan
ilmu-ilmu perilaku (behavioral). OD menuntut para praktisinya untuk menyadari
nilai-nilai yang memandu praktek-praktek mereka dan berfokus pada pencapaian
hasil melalui orang-orang (dari organisasi).”
“Organization
Development adalah bagan pengetahuan dan praktek yang meningkatkan performa
organisasi dan pengembangan individu, melihat organisasi sebagai sistem kompleks
dari sistem-sistem yang ada di dalam sistem yang lebih besar, yang
masing-masing darinya memiliki derajat alignment dan atribut nya
sendiri-sendiri. Intervensi OD dalam sistem-sistem tersebut merupakan
pendekatan-pendekatan dan metode-metode yang inklusif terhadap perencanaan
strategis, desain organisasi, pengembangan kepemimpinan, manajemen perubahan,
manajemen performansi, coaching, diversity, dan work/life balance.” Matt
Minahan, MM & Associates, Silver Spring, Maryland.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar