Disney Minnie Mouse

Jumat, 26 April 2013

46. ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT



Selama hampir tiga tahun terakhir ini saya benar-benar terjun dan berkecimpung di dunia HR secara total. Karena kebetulan dalam jangka waktu tersebut saya bekerja di dalam perusahaan (dan sebagai) konsultan HR. Di dunia HR ini, saya sempat beberapa kali mengerjakan proses rekrutmen, training dan organizational development secara detail. Selama itu pula, pertanyaan yang paling sering muncul dari teman yang menanyakan tentang pekerjaan saya adalah, “Organizational Development itu apa sih?”
Saya berhasil mengumpulkan beberapa definisi yang menurut saya sangat tepat menjelaskan apa yang dikerjakan oleh seorang praktisi HR.
Yang pertama adalah definisi dari Richard Beckhard (Organization Development: Strategic and Models, 1969), saya terjemahkan sebagai berikut:
“Organization Development adalah usaha yang terencana, pada skala organisasi, dan diatur dari (manajemen) atas, untuk meningkatkan kesehatan dan efektivitas organisasi melalui intervensi yang terencana terhadap proses-proses organisasi, menggunakan ilmu pengetahuan behavioral-science.”
Dua definisi lainnya adalah sebagai berikut:
“OD adalah bidang (ilmu) yang ditujukan pada intervensi-intervensi terhadap sistem-sistem (yang dibuat oleh) manusia, seperti kelompok formal dan informal, komunitas, serta masyarakat, untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatannya dengan menggunakan berbagai macam disiplin yang berbeda, terutama menggunakan ilmu-ilmu perilaku (behavioral). OD menuntut para praktisinya untuk menyadari nilai-nilai yang memandu praktek-praktek mereka dan berfokus pada pencapaian hasil melalui orang-orang (dari organisasi).”
“Organization Development adalah bagan pengetahuan dan praktek yang meningkatkan performa organisasi dan pengembangan individu, melihat organisasi sebagai sistem kompleks dari sistem-sistem yang ada di dalam sistem yang lebih besar, yang masing-masing darinya memiliki derajat alignment dan atribut nya sendiri-sendiri. Intervensi OD dalam sistem-sistem tersebut merupakan pendekatan-pendekatan dan metode-metode yang inklusif terhadap perencanaan strategis, desain organisasi, pengembangan kepemimpinan, manajemen perubahan, manajemen performansi, coaching, diversity, dan work/life balance.” Matt Minahan, MM & Associates, Silver Spring, Maryland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar